Selasa, 12 November 2013

Wisata Religi Masjid Al-Haram



Masjdi Al Haram adalah sebuah masjid di kota Mekkah dan merupakan pusat kota Mekkah , yang dipandang sebagai tempat tersuci di Bumi bagi umat Islam. Didalamnya terdapat Ka’bah sebagai arah kiblat umat Islam pada waktu sholat.


Masjid ini wajib dikunjungi, terutama bagi jamaah haji dan umroh, karena terdapat rukun haji dan umroh yang dilaksanakan di sini, yaitu mengelilingi Ka’bah (thawaf) dan berlari-lari kecil (sa’i) antara bukit Shafa dan Marwah yang terdapat di kompleks masjid.

Dari zaman Rasulullah SAW hingga Abu Bakar r.a., masjid ini belum memiliki dinding di sekelilingnya seperti saat ini. Hanya berupa halaman kosong di sekeliling Ka’bah yang dibatasi oleh rumah-rumah peduduk dan gang atau lorong di antara rumah-rumah tersebut yang merangap sebagai pintu masjid. Kemudian pada masa khalifah Umar bin Khattab pada tahun 638 M, mulai dilakukan perluasan. Yang kemudian diteruskan pada masa Khalifah Utsman bin Affan. Dengan membeli tanah dan rumah penduduk di sekitarnya untuk dibangun masjid yang mengelilingi Ka’bah.


Pada saat ini Masjid Al-Haram luasnya sudah mencapai kurang lebih 328.000 m2 dan dapat menampung lebih kurang 730.000 jamaah shalat pada hari-hari biasa, dan lebih dari satu juta jamaah pada musim haji.

Bentuk bangunan ini relatif bulat melingkari Ka’bah dan dilengkapi pintu-pintu dari berbagai arah, yaitu 4 pintu utama dan 45 pintu biasa yang dibuka 24 jam. Karena itu, bagi jamaah yang baru pertama kali datang ke sini, sebaiknya mengingat dari pintu mana masuk.

Banyak hal di luar ibadah yang bisa dinikmati di dalam kompleks masjid yang bernilai sejarah ini, antara lain:

>> Hajar Aswad (Batu Hitam, The Black Stone) yang “menempel” di Ka’bah




>> Maqam Ibrahim (jejak kaki Nabi Ibrahim a.s.)



>> Hijr Ismail (lokasi rumah Nabi Ismail a.s. sekaligus tempat dimakamkannya sang ibunda, Siti Hajar)

>> Sumur Zamzam, Mizabe Rahmah (kanal air zamzam), dan Multazam (tempat doa diijabah).


Tertarik untuk berkunjung?
Atau masih bimbang karena masalah biaya?
Tak usah khawatir. Kini berbagai penawaran paket haji dan umroh murah dapat dengan mudah Anda jumpai. Karena tingginya kuantitas orang yang berhaji dan berumroh, paket perjalanan semakin banyak dan bersaing. Tapi hanya beberapa yang tetap menyajikan kualitas dengan harga umroh yang murah. Pintar-pintarlah dalam memutuskan di antara banyak pilihan umroh murah. Cermati yang paling mendukung kegiatan wisata yang tidak biasa ini. Sehingga Anda akan benar-benar tersenyum bahagia saat pulang nantinya.

0 komentar:

Posting Komentar